Institution For The Future, “Asia Triennial Manchester”

Chinese Arts Centre, Manchester, Inggris.

Institution for The Future adalah bagian dari pameran Asia Triennal di Manchester. Dikuratori oleh Biljana Cirit dan Chinese Art Center, pameran ini mencoba menawarkan model kelembagaan baru dan mode produksi artistik yang memberi dampak signifikan terhadap infrastruktur seni, serta wacana dan praktik baik di tingkat lokal maupun global.

Pameran ini menghadirkan seniman dan kolektif yang telah bekerja aktif di tingkat lokal dan mereka mencoba mendefinisikan kembali model kelembagaan baru atau cara-cara produksi seni yang berhasil di tingkat lokal, namun di saat bersamaan juga memberi kontribusi untuk dialog di tingkat global terutama dalam mempertanyakan kembali mode produksi seni hari ini. Setiap mereka mencoba menjawab kebutuhan yang sesuai dengan tantangan zaman terutama di komunitas-komunitas seni lokal di Asia yang mulai berubah drastis sejak sepuluh tahun terakhir ini. Hal ini sekaligus mengingatkan kita kembali pada sentimen utopis untuk percaya kepada seni dan perannya di tengah masyarakat. Pada saat yang sama, pendekatan mereka menunjukkan kepada kita soal pentingnya menjadi kecil dan tetap independen, yang merupakan kekuatan bersama semua seniman dan kolektif yang terlibat ini. Inilah di antara alasan mengapa mereka tetap bisa melanjutkan proyek-proyek semacam ini, dan juga terus mencari strategi-strategi baru dalam keadaan yang selalu berubah seperti saat sekarang ini.

Institution For The Future, “Asia Triennial Manchester”

Chinese Arts Centre, Manchester, England.

The exhibition Institution for The Future, presented as part of the Asia Triennial in Manchester, curated by Biljana Ciric and Chinese Art Center, proposes new institutional models and modes of artistic production that attempt to have a significant effect on arts infrastructure, discourse and practice at both the local and global levels.

The exhibition presented individual artists and collectives that have been working on the local front to define new models of institutions or ways of art production that work effectively on a local level, but, at the same time, make a contribution to the global dialogue, challenging the modes of art production today. These individuals attempt to answer the timely needs of the local artistic communities in Asia that have drastically changed in the last ten years, and remind us of the utopian sentiment to believe in art and its role in society. At the same time their approach tells us of the importance of remaining small and maintaining independence, which is a communal strength of all the participating artists and collectives. These are some of the reasons why they have been able to keep working on such projects, and continue to search for new strategies within the ever-changing conditions of the present moment.